Tentang Kami

Telecenter dibangun di Desa Sooko karena adanya surat dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur tanggal 7 Januari 2011 Nomor : 005/91/105/2011. Adapun perihal dalam surat tersebut menerangkan bahwa Desa Sooko ditunjuk sebagai lokasi pembangunan Telecenter dengan lokasi bekas Gedung Pemancar Radio Wika FM. Yang nantinya berfungsi sebagai pengembangan media informasi publik dengan memanfaatkan teknologi informasi bagi warga pedesaan.

Kemudian Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto menindaklanjuti dengan menerbitkan surat dengan tembusan Kepala Desa Sooko dan Camat Aooko pada 19 Januari 2011 Nomor : 028/180/416-022/2011. Adapun perihal dari surat itu adalah :

  1. Mengajukan calon pengelola Telecenter dari unsur masyarakat Desa Sooko atau Kecamatan Sooko untuk mengisi jabatan Manager, Sekretaris, Kabag. Pengembangan, Kabag. Teknologi Informasi serta Staf penjaga sesuai dengan kompetensi calon pengelola Telecenter.
  2. Usulan Calon Pengelola Telecenter dikirim ke Bagian Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto paling lambat 26 Januari 2011.
  3. Seleksi calon pengelola Telecenter dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan Propinsi Jawa Timur.
  4. Segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut diatas untuk berkoordinasi dengan Bagian Pengolah Data Elektronik Kabupaten Mojokerto.

Surat dari Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto ditindaklanjuti dengan tanggap oleh Kepala Desa Sooko dengan mengadakan seleksi calon pengelola Telecenter pada tanggal 23 Januari 2011. Tim interviewer dari Dinas Komunikasi Dan Informasi Jawa Timur dari Pengelola Telecenter dari Lumajang yang sudah senior. Dari seleksi tersebut terpilih 5 pengelola yang nantinya diberi mandat sepenuhnya untuk mengelola Telecenter selama 3 tahun ke depan.

Adapun yang terpilih dari seleksi tersebut adalah :

  1. Sugeng Mawardi sebagai Manajer.
  2. Endang Kristanti sebagai Sekretaris.
  3. Heru Sugiono sebagai Kabag. Pengembangan
  4. Mohammad Hasan sebagai Kabag. Teknologi  Informasi
  5. Musyari sebagai Staf Keamanan.

Setelah seleksi tersebut, pengelola yang terpilih berupaya untuk menata ruang yang telah ditentukan untuk lokasi Telecenter agar siap dan layak bagi masyarakat Desa Sooko sebagai tempat pemberdayaan berbasis internet.

Pada 3 Mei 2011 Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menerbitkan surat dengan Nomor : 005/2246/105/2011. Perihal surat tersebut adalah penyelenggaraan Pelatihan/Workshop Bagi Pengelola Telecenter. Dilaksanakan pada 12 s/d 13 Mei 2011 pukul 08.00 s/d selesai di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur.

Sehubungan terbitnya surat dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur, maka Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Mojokerto menerbitkan Surat Tugas pada 09 Mei 2011 dengan nomor : 983.3/102/416-022/2011 kepada pengelola Telecenter untuk mengikuti pelatihan tersebut diatas.

Seluruh pengelola Telecenter mengikuti pelatihan tersebut dengan penuh konsentrasi agar semua materi dapat diserap dengan maksimal. Pelatihan tersebut adalah bekal bagi pengelola Telecenter untuk mengoperasikan Komputer dan Internet sesuai prosedur dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur.

Akhirnya pada hari Jumat tanggal 1 April 2011 Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur menerbitkan Surat Perjanjian Kerja dengan Nomor : 560/SPK.1581/105/2011. Adapun perjanjian kerja dalam surat tersebut adalah 9 bulan terhitung sejak disepakatinya surat tersebut.

Kemudian Telecenter yang bertempat di Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto diberi nama “ TELECENTER MOJOPAHIT”. Nama tersebut diberikan karena di Mojokerto dulu pernah ada kerajaan besar dan kuat bernama Mojopahit. Nama tersebut diberikan dengan harapan agar Telecenter Mojopahit dapat besar dan jaya seperti Mojopahit. Tentunya dalam bidang pemberdayaan dan pendampingan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.

5.1.1        Struktur Organisasi

Untuk menunjang jalannya tugas dan fungsinya, didukung oleh organisasi yang terdiri dari :

  1. Dewan Pengarah
  2. Dewan Pendamping
  3. Manager
  4. Sekretaris
  5. Kabag. Pengembangan
  6. Kabag. Teknologi informasi

5.1.2        Visi dan Misi Telecenter Mojopahit

Telecenter Mojopahit telah menetapkan visi penting terkait terwujudnya masyarakat Desa Sooko yang bermoral, profesional, dan sejahtera. Pemahaman terhadap visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Telecenter Mojopahit Kabupaten Mojokerto sebagai Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi yang mempunyai tugas pokok merencanakan kebijakan, mengolah, merumuskan, mengoordinasikan pembinaan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat hendaknya mampu menjalankan tugas pokoknya tersebut secara lebih efektif dan efisien
  2. Pengelola yang diharapkan adalah Pengelola yang mempunyai komitmen dan yang secara konsisten menggunakan nilai-nilai, agama, norma dan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat (bermoral), yang ditunjang oleh kompetensi yang tinggi melalui pengetahuan dan keterampilan dibidangnya (profesional) dan diakui secara internasional yang selalu bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Masyarakat yang diharapkan adalah masyarakat yang berintelektual tinggi, inovatif, mandiri, dan sejahtera.

Sementara dalam misi Telecenter Mojopahit Kabupaten Mojokaerto, perlu ditekankan bahwa organisasi yang baik adalah organisasi yang selalu digerakkan oleh misi sebagai perwujudan dari visi yang telah ditetapkan. Dengan berpedoman pada misi yang akan dijalankan, organisasi tersebut tidak saja menjadi partisipatif dan efisien, tetapi juga efektif, inovatif dan manusiawi. Karena itu guna merealisasikan visi tersebut, Telecenter Mojopahit Kabupaten Mojokerto menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Memberdayakan Masyarakat Desa Sooko dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Meningkatkan pelayanan di bidang ekonomi, pendidikan, sosial  kemasyarakatan secara tepat waktu dan tepat guna dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat berdasarkan potensi daerah.
  4. Melakukan perencanaan yang mampu menjawab tantangan perkembangan ekonomi, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
  5. Mengembangkan Sistem Informasi yang terintegrasi, cepat, tepat dan handal.

5.1.3        Sumberdaya Pengelola Telecenter Mojopahit

Sumberdaya yang mengelola Telecenter Mojopahit terdiri dari :

No Nama Jabatan Pend. Formal Pend. non formal
Soegeng Mawardi Manager SLTA –     Pelatihan Kewirausahaan-     Pelatihan Manajemen Koperasi dan UMKM

–     Pelatihan Managerial TC.

–     Pelatihan Pengembangan TC.

Endang Kristanti Sekretaris SLTA –     Pelatihan Management Koperasi.-     Pelatihan Managerial TC.

–     Pelatihan Pengembangan TC.

Heru Sugiono Kabag. Pengembangan S1 –     Pelatihan Kewirausahaan-     Pelatihan Training Of Trainer

–     Workshop Management Organization

–     Pelatihan Managerial TC

Moh. Hasan Kabag. Teknologi Informasi Mahasiswa –     Pelatihan Managerial TC-     Pelatihan TIK
Musyari Staf Keamanan SLTA –     Pelatihan Pengamanan Lingkungan

a)     Tugas & Wewenang Manager

  • Menyusun draf rancangan program bersama anggota BPH (Badan Pengelola Harian) lainnya dengan melibatkan komunitas, untuk diajukan kepada Dewan Pengarah.
  • Penanggung jawab secara umum penyelenggaraan kegiatan dan layanan telecentre.
  • Mengkoordinasikan seluruh kerja Badan Pengelola Harian telecentre.
  • Sebagai anggota Dewan Pengarah, perwakilan Badan Pengelola Harian telecentre.

b)     Tugas & Wewenang Sekretaris

  • Menjalankan tugas-tugas  Admin.
  • Mengembangkan media-media komunitas sesuai dengan kebutuhan komunitas.
  • Bersama-sama menajer telecentre mengembangkan strategi komunikasi dan penggalangan dana telecentre

c)       Tugas dan wewenang Kabag. Pengembangan

  • Mengadakan sosialisasi dalam pertemuan-pertemuan yang di selenggarakan oleh komunitas, ormas, lembaga/instansi  terkait program-program telecenter.
  • Melakukan maping untuk menggali permasalahan dan potensi lokal dalam bidang pendidikan, ekonomi berbasis UMKM dan geografis.
  • Menyampaikan laporan secara berkala terkait pengaruh keberadaan Mojopahit Telecenter terhadap perubahan dibidang pendidikan, ekonomi berbasis UMKM dan geografis di Desa Sooko dan Kab. Mojokerto pada umumnya.

d)     Tugas dan wewenang Kabag. Teknologi Informasi

  • Menjalankan tugas-tugas Fasilitator Infomobilisasi (FI).
  • Bersama-sama manajer telecentre mengembangkan strategi komunikasi dan penggalangan dana telecenter.
  • Menjalankan tugas-tugas Information Tecnologi(IT)

 

5.1.4        Fasilitas dan Layanan Telecenter Mojopahit

Dalam melaksanakan tugas pemberdayaan masyarakat, Telecenter Mojopahit menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Bagian Pengolah Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Mojokerto  dan yaitu :

a)      Komputer 8 unit

b)      Printer 2 unit

c)      Meja Komputer 8 unit

d)     Meja kerja 2 buah

e)      Meja rapat 1 buah

f)       Meja printer 1 buah

g)      Almari 1 buah

h)      Kursi 30 buah

i)        LCD Proyektor 1 unit

j)        Kamera Digital 1 unit

k)      LCD Proyektor 1 unit

l)        Meeting Room

Adapun layanan Telecenter Mojopahit adalah :

a)      Layanan umum/dasar

  • Penggunaan internet : email, browsing/surfing (menjelajah situs), chatting room (ngobrol dengan netter), mailing list (ruang diskusi).
  • Penggunaan computer (pengetikan)
  • Scanning (menduplikat data/gambar ke dalam digital)
  • Printing (mencetak dokumen/gambar)
  • Searching (pencarian berita/data) dan launching (penayangan informasi atau web)

b)      Layanan bisnis

  • Penyediaan Free Pas bagi pelajar, pemuda, mahasiswa dan masyarakat umum untuk menggunakan koneksi internet dengan harga terjangkau
  • Penyewaan Fasilitas telecenter kepada masyarakat umum berupa Proyektor, Ruang Rapat, Kamera Digital

c)      Layanan melalui kemitraan khusus (Dukungan Program)

  • Pelatihan computer dan internet untuk masyarakat.
  • Pembentukan forum diskusi masyarakat.
  • Pelatihan computer dan internet untuk Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) bekerjasama dengan Dinas Pertanian.
  • Kerjasama dengan UMKM dalam bidang pemasaran barang/jasa.
  • Dukungan infomobilisasi untuk program masuk desa
  • Promosi acara lokal.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: